UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENENTUKAN KALIMAT KESIMPULAN (IDE POKOK) DARI BERBAGAI POLA PARAGRAF INDUKSI-DEDUKSI DENGAN TEKNIK MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS XII IPS-1 SMAN 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.37755/sjip.v5i2.230Abstract
Permasalahan pembelajaran yang muncul terutama di kelas XII IPS-1 SMAN 1 Hinai tempat peneliti mengajar adalah rendahnya motivasi belajar yang berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasikal. Untuk itu diperlukan upaya ilmiah untuk dapat memecahkan permasalahan tersebut antara lain dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPS-1 SMAN 1 Hinai Tahun Pelajaran 2018/2019, sebanyak dua siklus. Setiap siklus kegiatan penelitian meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah 33 siswa, metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes hasil belajar setiap akhir siklus, indikator keberhasilan secara individual yaitu mencapai nilai 80 dan klasikal yang mencapai nilai 80 sebanyak 70% lebih dikatakan berhasil. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pendekatan teknik membaca intensif pada materi menemukan pikiran pokok teks bacaan dapat meningkatkan Nilai rata-rata kelas semakin meningkat dari 72,73 pada studi awal, menjadi 78,33 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 82,27 dengan tingkat ketuntasan belajar dari 7 siswa atau 21,21% menjadi 20 siswa atau 60,61% dan 31 siswa atau 93,94% pada siklus kedua. Adapun peningkatan motivasi belajar juga semakin membaik, pada studi awal sebesar 24,24% (8 siswa) menjadi 21 siswa (63,64%) pada siklus I, dan 93,94% (31 siswa) pada siklus II. Kesimpulannya adalah penerapan teknik membaca intensif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa XII IPS-1 SMAN 1 Hinai Tahun Pelajaran 2018/2019.References
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Cahyani, I (2007). Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung : UPI Press
Ismoyo. 2008. Aku Bangga Bahasa Indonesia 5. Jakarta : Depdiknas
McCrimmon, J.M, 1972. Writing with A Purpose. Florida: Florida State University.
Mulyasa, E 2006. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mulyati, Yeti dkk. (2007). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Natawidjaja, Rochman. (1997). Penelitian Tindakan. Bandung : IKIP
Nur’aini, Umri. 2008. Bahasa Indonesia 5, Jakarta : Depdiknas
Prihatiningsih, Rokhmah. Nim. 2101407020. Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Menemukan Ide Pokok dan Permasalahan Dalam Artikel Dengan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Nasional Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Program Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Semarang.
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Resmini, Novi dkk. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : UPI Press.
Romiyatun, I. (2007). Aku Bangga Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
Santosa, Puji. 2003. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Saylor. 1981. Psychology Today (An introduction). California: Del Mar, Inc.
Semiawan, Conny. dkk. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Slavin, RE.(1994). Educational Psychology : Theory and Practice. Masschusetts: Allyn and Bacon Publisher.
Suciati, 2003. Belajar dan Pembelajaran 2. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. 2003.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung : Alfabeta.
Suherman & Winataputra. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Sunendar, Tatang. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: LPMP Jawa Barat.
Syamsudin, Abin. Nandang Budiman. Profesi Keguruan 2. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. 2003.
Tarigan, HG (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S, dan Marsinah Ng. 2005. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. 2005.
Wardhani, Maylana Khusna. A 310 070 024. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf Melalui Membaca Intensif Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 03 Tugu Kecamatan Jumantono Tahun Ajaran 2010/2011. Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Winataputra, Udins. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara D.II. jakarta. 1997.



 
 


 
  
  
  
 

