ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI KELAS X SMA SWASTA TAMANSISWA BINJAI

Authors

  • Desvita Anggraini STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • R.Maisaroh R. Siregar

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen, serta mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh sampel penelitian dari kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes diagnostik dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan yang dilakukan siswa sebagai berikut : (1) Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen melalui pembelajaran online dimasa pandemi kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai adalah kesalahan proses penyelesaian. (2) Pada pertemuan I,  Kesalahan Konsep (19,71%), Kesalahan Prinsip (37,87%), Kesalahan Proses Penyelesaian (77,27%). Sedangkan pertemuan II yaitu, Kesalahan Konsep (10,61%), Kesalahan Prinsip (46,97%), Kesalahan Proses Penyelesaian (65,15%). Kemudian, solusi untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen diantaranya yaitu menyusun program perbaikan, model pembelajaran yang diberikan harus lebih kreatif, siswa harus lebih teliti dalam mengerjakan soal-soal, guru harus lebih dekat dengan siswa untuk mengetahui masalah yang dialami siswa yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal, dan lain sebagainya.

References

Afni, Khairina. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMKS-PP Putra Jaya Stabat. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. 6(1): 9-14

Junaedi, I., Suyitno, A., Sugiarto, E., & Eng, C. K. (2015). Disclosure Causes of Students Error In Resolving Discrete Mathematics Problem Based on Nea as a Means of Enhanching Creativity. International Journal of Education. 7(4):31-42

Karnasih, Ida. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. JurnalParadikma FMIPA Unimed Medan. 8(1): 37-51

Prabowo, A.A. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA 1 Islam Gamping Yogyakarta Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Yang Berkaitan Dengan Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar. Skripsi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Rusdianto, H.D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Perbandingan Bentuk Soal Cerita. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: tidak diterbitkan.

Sembiring, Riska Febriani dan Siregar, R. Maisaroh. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X SMA Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika. 12(1): 52-59

Widhiyassifah, Retnaviar. (2018). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Pada Siswa SMA. Publikasi Ilmiah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Anggraini, D., & R. Siregar, R. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI KELAS X SMA SWASTA TAMANSISWA BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 86–91. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.331