PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DI STKIP BUDIDAYA BINJAI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa dalam penggunaan aplikasi Google Classroom tentang hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika mata kuliah persamaan diferensial II pada semester V di STKIP Budidaya Binjai.Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika semester V.Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 15 mahasiswa dengan menggunakan teknik sensus (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kemahasiswa  dan pengolahan data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan pada semua indikator kecerdasan emosional dalam menggunakan aplikasi Google Classroom memperoleh nirai rata-rata 69,44 dengan kategori baik. Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Diferensial II dengan nilai maksimum 80 dan minimumnya adalah 50. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata nya sebesar 64,4.Untuk melihat adanya pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa dalam menggunakan aplikasi Google Classroom tentang hasil belajar mahasiswa maka dilakukan analisis dengan Uji Regresi Linier Sederhana, Uji linieritas dan signifikan regresi. Dari hasil hipotesis yang diajukan dapat dipastikan Nilai Fhitung = 0,147 dan Ftabel = 0,167, Karena Fhitung < Ftabel, maka H0 diterima (tidak cukup bukti untuk menolak H0 ), dengan kata lain Tidak Terdapat Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Google Classroom tentang hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika di STKIP Budidaya Binjai. 

References

Daryanto, M. 2006. Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Febrilia, B. R. A., & Nissa, I. C. 2020. Analisis Keterlibatan Dan Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.Fbc.6.2. 175 – 184.

Goleman, D., (2015), Emotional Intelligence, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Goleman, Daniel. 2009. Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, Yatim.(2012) Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana.

Saputri, Lilis. (2021). Pengaruh Self Directed Learning dan Productive Disposition Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Serunai Matematika Vol. 13 No. 1.

Suhartini Titing. (2021). Pengaruh Google Classroom Berpadu Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 3 No. 1.

Sudjana, Nana & Ibrahim.(2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wahidmurni, dkk. (2013) Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Syafira, B., Saputri, L., Mardiati, M., & Sitepu, E. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DI STKIP BUDIDAYA BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 24–27. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.622