KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS MAHASISWA TINGKAT AKHIR STKIP BUDIDAYA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2024-2025.

Authors

  • M. Riza Darwin STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v14i1.1631

Keywords:

Kata Kunci: Psychological Well Being, Mahasiswa, Remaja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran Gambaran Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa  Tingkat Akhir di STKIP BUDIDAYA Tahun Pelajaran 2023-2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir STKIP Budidaya Binjai. Teknik Sampling pada penelitian ini adalah Random Sampling dengan Jumlah Sampel sebanyak 186 orang. Hasil penelilitian ini adalah  Pertama kategori Psychological Well-Being tinggi dimana pada penelitian ini memiliki presentase  0 % dengan jumlah 0  mahasiswa, tingkat psychological well-being tinggi 74,4% dengan jumlah 5 mahasiswa, dan tingkat psychological well-being mahasiswa sedang 13,2% dengan  76 mahasiswa, tingkat psychological well-being rendah 74,4% dengan jumlah 88 mahasiswa, dan tingkat psychological well-being mahasiswa sangat rendah  13,2% dengan 17 mahasiswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arnett, J. J. (2004). Emerging Adulthood: The Winding Road from the Late Teens through the Twenties. New York: Oxford University Press, Inc.

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127-134.

Azwar. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bertens. 2005. Metode Belajar untuk Mahasiswa : Beberapa Petunjuk Bagi Mahasiswa Baru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Huppert, F. A. (2009). Psychological Well-being: Evidence Regarding its causes and consequences. Applied Psychology : Health And Well-being. Volume (2), 137–164.

Hurlock, Elizabeth B, 1986, Developmental Psychology. 3rd Ed, New Delhi: McGraw Hill, Inc.

Kurniasari, F., Hartati, I., dan Kurniasari, L. 2019. Aplikasi Metode Foam Mat Drying Pada Pembuatan Bubuk Jahe (Zingiber officinate). Jurnal Inovasi Teknik Kimia. Vol 4(1).

Nash, R.J., & Murray, M.C. (2010). Helping college students find purpose:The campus guide to meaning-making. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Primasti, K. A., & Wrastari, A. T. (2013). Dinamika Psychological Well-Being pada Remaja yang Mengalami Perceraian Orang Tua ditinjau dari Family Conflict yang Dialami. Surabaya : Universitas Airlangga, 2 (3).

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29–37.

Ramadhani, N., Wimbarti, Su. and Sesetyo, Y. fajar (2018) Psikologi untuk Indonesia tangguh dan Bahagia. Yogyakarta: UGM Press.

Ryan, R.M., & Deci, E.L. 2000. Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. (Online).

Ryff, C.D & Keyes, C.L.M, (1995). The Structurs of Psychological well being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology Vol. 69 : 719-727.

Ryff, C. D. (1995). Psychological well-being in adult life. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99-104.

Ryff, C. (2014). Psychological Well-Being Revisited: Advances in The Science and Practice of Eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10-28. doi:10.1159/000353263.

Downloads

Published

2025-10-23