PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v14i1.1632Keywords:
Persepsi, Guru Bimbingan Konseling, Bimbingan Karir.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan karier di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah guru bimbingan konseling dan siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kuala. Objek penelitian adalah persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan karier. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penilitian menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan karier di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala dinyatakan positif atau dikatakan “baik”.References
DAFTAR PUSTAKA
Jain, Paras. (2017). Impact of Career Guidance and Counseling on Student’s Career Development. International Journal of Research Granthaalayah a Knowledge Repository, 5(6), 49-52.
Kamaluddin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17 (4), 447-454.
Muhazir & Syahputri, Ayu. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9 (2), 47-53.
Nasution, Syafriana Henni & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling : Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Prasetyowati, Dini, Purwanti & Luhur Wicaksono. (2018). Persepsi Peserta Didik Terhadap Layanan Bimbingan Karir Kelas VII SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Untan, Univesita Tanjung Pura.
Ramlah. (2018). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Mau’izhahm 1(1), 70-76.
Simarmata, Luni Juwita Sari Asi, Renatha Ernawati & Ronny Gunawan. (2020). Hubungan Antara Pemberian Bimbingan Karier Dengan Pengembangan Potensi Peserta Didik Di Sma Cahaya Sakti Jakarta Timur. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3 (1), 27-44.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tarmiji, Basyah M.A & Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1 ( 1), 41-48 .
Ulfa, Nisaska Maria & Habibah, Nur Aimatul. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan Karier di MI Miftahul Huda Sukolilo. Al Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, 3 (2), 108-118.
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.





