EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MUTUAL STORYTELLING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN KORBAN BULLYING SMA YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA KABUPATEN LANGKAT

Authors

  • Risma Dina
  • Afni Khairina

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v14i1.1633

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Mutual Storytelling, Kecemasan korban bullying

Abstract

Kecemasan korban bullying terjadi karena ada pihak yang tidak mampu membela atau mempertahankan dirinya, dan merasa lemah secara fisik atau mental ketika mendapatkan perlakuan agresif dan manipulatif yang dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya teknik mutual storytelling pada siswa kelas XI di SMA Yayasan Harapan Bangsa Kuala Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu pendekatan (One Group Pretest-Posttest Design). Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket dalam bentuk skala likert dengan populasi sebanyak 46 siswa dan pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 8 orang siswa yang mengalami tingkat kecemasan korban bullying . Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Hasil uji Paired Sampel T Test 0.000 pada taraf signifikan nilai 0.05 (p<0.05) menunjukkan penurunan kecemasan korban bullying. Hal ini dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik mutual storytelling terbukti berpengaruh untuk mereduksi kecemasan siswa akibat perilaku bullying.

References

Ahkam, M., & Fakhri, N. (2017). Bullying Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta. Vol. 2, No.2

Bradley T. Erford, (2017) Teknik yang harus diketahui oleh setiap konselor, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jannatung, A. M. I. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying di SMAN 2 Barru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Kasih, A. P. (2021). 41 Persen Murid Indonesia Alami “Bully”, Siswa SMA buat Aplikasi atasi Trauma. Kompas.com [Online], halaman 1. Tersedia: https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/20/084259871/41-persen murid-indonesia-alami-bully-siswa-sma-buat-aplikasi-atasi-trauma?page=all. [20 Maret 2021].

M. D., Wiyani, (2019). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Rokok. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 204–212. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i2.266

Maryam, S & Fatmawati. (2018). “Kematangan Emosi Remaja Pelaku Bullying”. Jurnal Kajian Bimbimgan dan Konseling Vol. 3 No. 2.

Maulidinda, dkk (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Mutual Storytelling Untuk Mereduksi Kecemasan Korban Bullying. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling. Vol 7, No. 2.

Olweus, D. (2018). Sweden. The nature of school bullying: A cross-national perspective. London & New York: Routledge.

Padila, 2019. Buku Ajar: Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 3. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Stuart, G. W. dan Keliat (2019) Prinsip dan Praktik Keperawatan Jiwa. Edisi 1 Ce. Edited by J. Pasaribu. Singapore: Elsevier.

Downloads

Published

2025-10-23