PENGARUH HUBUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMKS PUTRA JAYA STABAT

Authors

  • Nurul Hasanah STKIP Budidaya Binjai
  • Sari Wardani Simarmata STKIP Budidaya Binjai
  • Sindy Hayatun Magfiroh STKIP Budidaya Binjai
  • Juliantina Juliantina STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i2.682

Abstract

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah tentang Pengaruh Hubungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di Smsk Putra Jaya Stabat Tahun Pelajaran. Dalam penelitian ini dapat didefinisikan bahwa teman sebaya adalah teman setingkat dan kedewasaan yang sama untuk dapat memberikan sarana dalam melakukan perbandingan sosial serta menjadi sumber informasi bagi anak-anak di luar sekolah,sedangkan asertif adalah perilaku seseorang yang dapat bertindak jujur, efektif, serta tidak mengesampingkan haknya tanpa melanggar orang lain agar antar individu dapat terjalin dengan baik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan ini berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala Teman Sebaya dan skala Asertif. Dari hasil analisis data dengan menggunakan Regresi Sederhana diketahui bahwa P<0,05. Artinya terdapat “Pengaruh Hubungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di Smks Putra Jaya Stabat†dan dari hasil R squre sebesar 0,027. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh teman sebaya terhadap kebiasaan perilaku asertif adalah sebesar 29,7% sedangkan 70,3% kebiasaan perilaku asertif pada siswa dipengaruhi variabel yang tidak teliti.

References

Monks, F.J psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: gajah mada 2000

Santrock (2003) John.W. adolescene. Perkembangan remaja. Edisi keenam. Jakarta:Erlangga.

Soetjiningsih. 2004 pengertian remaja dan perkembangan remaja 2018.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode penelitian pustaa belajar: Yogyakarta.

Gunarsa. Singgih D.2007. konseling dan psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.

Jones. Nelson. 2011. Teori dan praktik konseling dan terapi. Yogyakarta: pustaka belajar.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Andriani, E. (2005). Perbedaan asertivitas remaja ditinjau dari pola asuh orang tua. Jurnal psikologia. Medan: fakultas keodkteran sumatra utara.

Downloads

Published

2022-11-24