PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • dewida manurung Universitas Simalungun
  • Bongguk Haloho
  • Ulung Napitu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk.menggambarkan pemahaman literasi numerasi dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar. Fokus penelitian adalah literasi numerasi, dengan subjek penelitiannya adalah Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal online, perpustakaan digital, internet dan Google Scholar, serta buku-buku yang relevan. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi berhitung dalam pembelajaran siswa di Sekolah Dasar, dapat menjadi efektif, terutama ketika, disajikan melalui, rangsangan, yang mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman belajar yang menarik dan merangsang imajinasi siswa. Aktivitas literasi numerasi dapat dianggap sebagai pengalaman belajar yang seru dan menantang, yang membantu, mengembangkan potensi, anak sesuai dengan tahapan perkembangannya. Namun, perlu diperhatikan bahwa di Indonesia, budaya literasi masih menjadi tantangan, yang signifikan. Budaya, membaca dan, menghargai buku belum mendominasi masyarakat. Oleh karena itu, Gerakan Literasi Sekolah dalam bentuk literasi numerasi menjadi salah satu solusi dalam menghadapi masalah ini. Literasi numerasi mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan angka dan simbol untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi dalam berbagai bentuk, menginterpretasi hasil analisis, serta membuat prediksi dan keputusan berdasarkan informasi yang dianalisis. Upaya ini penting dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap literasi numerasi di kalangan siswa di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-10-23 — Updated on 2023-11-28

Versions