STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMAJUKAN SEKOLAH (Studi Empiris di SDN 47/IV Kota Jambi)

Authors

  • faujia leni Universitas Jambi
  • Mohamad Muspawi
  • Huswatun Hasanah
  • Faujia Latif
  • Salonike Nega

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v13i1.1059

Abstract

ABSTRAK Artikel ini membahas strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam memajukan sebuah sekolah. Menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi naratif yang berupaya mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dengan menceritakan berbagai cerita pendek tentang pengalaman menjadi kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Orang yang di wawancara adalah kepala sekolah. Kepala sekolah memegang peranan yang sangat penting menentukan kemajuan dan kemunduran organisasi pendidikan. Oleh karena itu, tugas kepala sekolah bukan semata-mata mengatur tetapi juga mampu menganalisis berbagai masalah, serta mampu melakukan berbagai pertimbangan dan pengambilan keputusan yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam memajukan SDN 47/IV Kota Jambi ialah; 1) Melaksanakan keigiatan peimbeilajaran yang seisuiai deingan aturan. 2) Membentuk keigiatan kelompok belajar siswa. 3) Melakankan keigiatan KKG (Keilompok Keirja Guirui). 4) Melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler siswa. 5) Mempublikasikan prestasi sekolah ke media sosial. Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Memajukan Sekolah.

Downloads

Published

2024-03-31 — Updated on 2024-05-13

Versions