MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN DALAM KONSEP MERDEKA BELAJAR (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 SUKANAGARA)

Authors

  • Rani Puspita Universitas Islam Nusantara
  • Santi Irfianti Universitas Islam Nusantara
  • Ruri Kusriani Universitas Islam Nusantara
  • Rahmat Setiawan Universitas Islam Nusantara
  • Deti Rostini Universitas Islam Nusantara
  • Eva Dianawati Wasliman Universitas Islam Nusantara

Keywords:

Manajemen, Kurikulum merdeka, Merdeka Belajar, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi peran Manajemen Satuan Pendidikan dalam Konteks Merdeka Belajar, yang berfokus pada implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMAN 1 Sukanagara. Dengan melibatkan analisis terhadap strategi dan dinamika manajemen sekolah yang dihadapi selama proses adaptasi terhadap Kurikulum Merdeka, terutama dalam kaitannya dengan tujuan peningkatan budaya literasi dan numerasi di sekolah. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mencakup aspek-aspek kunci seperti manajemen satuan pendidikan, perencanaan kurikulum, distribusi tanggung jawab, interaksi guru dan peserta didik, kegiatan pembelajaran di ruang kelas. Hasil penelitian menyoroti bagaimana IKM di SMAN 1 Sukanagara, terkait budaya literasi, numerasi dan karakter peserta didik, serta diterapkannya pengembangan Kurikulum yang fleksibel melalui manajemen pendidikan sesuai fungsi manajemen menurut Luther M Gullick dalam mengatasi masalah literasi, numerasi dan karakter peserta didik. Implikasi temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang manajemen satuan pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah menengah atas, sehingga dapat menjadi sumbangan literatur akademis di bidang pendidikan. Dengan memahami peran manajemen sekolah dalam konteks Kurikulum Merdeka, semoga tulisan ini tidak hanya memberikan kontribusi pada tingkat lokal (SMAN 1 Sukanagara) tetapi juga dapat menjadi gambaran bagaimana implementasi ini dilakukan. Hal ini karena dalam IKM di SMAN 1 Sukanagara diketahui bahwa guru-guru memiliki kebebasan lebih besar untuk menyesuaikan kurikulum dengan potensi dan minat peserta didik melalui kegiatan perencanaan, pengelolaan, pengatuan anggota, pengarahan, koordinasi, pengendalian yang jelas dan pengawasan yang baik.

References

Buku :

Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. (2007). Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan Suatu Pengantar Teori dan Metode. Boston: Edisi ke-5, Allyn & Bacon.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Singapura: Sage Publications.

Merriam, S. B. (1998). Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Francisco: Jossey-Bass.

Muslich, M. (2007). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta: Bumi Aksara.

Purba, Mariati dkk. (2021). Naskan Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek.

Sewang, Anwar. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Sriyono. 2017. Pengantar Teori Manajemen Kontribusi Luther Gullick terhadap Manajemen Pemerintah. Surabaya: CV Unggul Pangestu Nirmana.

Sufyadi, Susanti dkk. (2021) Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud Ristek.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtoni, Feri dan Fitri Wulandari. (2021). Manajemen Pendidikan. Umsida press. Sidoarjo.

Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (Fifth Edition). Singapura: Sage Publications.

Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud RI.

Peraturan :

Permendikbud RI No. 56 Tahun 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). No. 008/ H / KR /2022. Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Website :

Direktorat Sekolah Dasar. (2023). Kemdikbud. Diambil dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka 5 November 2023.

Rapor Pendidikan. (2023). Rapor Pendidkan SMAN 1 Sukanagara Tahun 2022. Diunduh dari https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ 30 Oktober 2023.

Downloads

Published

2024-03-31 — Updated on 2024-05-13

Versions