A Manajemen Pembelajaran Hybrid di STISIP Guna Nusantara

Authors

  • fitri nurlatifah uninus

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v13i1.1185

Keywords:

manajemen, pembelajaran, hybrid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelusuri proses penggunaan hybrid learning di perguruan tinggi di STISIP Guna Nusantara serta menelusuri kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pembelajaran hybrid learning di STISIP Guna Nusantara. Hasil penelusuran menunjukkan hybrid learning memiliki dampak positif pada proses pembelajaran di perguruan tinggi dan efektif diterapkan di perguruan tinggi. Dampaknya secara simultan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa seperti motivasi, keterampilan kognitif, keterampilan komunikasi, disiplin, koneksi, representasi matematis dan kemandirian belajar mahasiswa. Selain itu, hybrid learning ini memiliki kekuatan seperti peningkatan fleksibilitas dan pemahaman materi yang lebih baik, kelemahan seperti kesulitan mengatur jadwal belajar dan ketergantungan mahasiswa pada perangkat dan jaringan, peluang seperti mengurangi kesenjangan digital dan penggabungan lebih dari satu model pembelajaran, dan ancaman seperti beban kerja dan adanya kesenjangan antara desain pembelajaran dengan gaya belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan pengambil kebijakan sebagai referensi dalam keputusan penggunaan pembelajaran  hybrid. Untuk mencapai tujuan diatas penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kemudian data akan direduksi , didisplay, pengambilan kesimpulan dan    verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan menggunakan metode pembelajaran hybrid dapat meningkatkan motivasi untuk belajar di perguruan tinggi.

References

Abdelrahman, N., & Irby, B. J. (2016). Hybrid learning: Perspectives of higher education faculty. Blended Learning: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications, 4(January), 1–28. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-0783-3.ch001

Faizal Ardianto, 2017, Evaluasi Kualitatif kesiapan Penerapan Sistem Single Sing on di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

George R. Terry, 1958 dalam bukunya Principles of Management ( Sukarma, 2011:10)

Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385

Horn, M. B., Staker, H., & Christensen, C. M. (2014). Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools. 304.

John Dewey, ( an-nur .id/blog.pendidikan:2023)

Muslichatin, Nurul dan Azam Syukur Rahmatullah. (2023). Manajemen Hybrid Learning di SD Muhammadiyah Noyokerten. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 7 No. 3, Halaman 787-797.

Mutia, I., & Leonard. (2013). Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278–289. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/239

Mulyono, N., & Susilawati, L. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Hybrid Learning Pada Matakuliah Membaca Ii Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Ikip Budi Utomo Malang. Basastra, 9(3), 289. https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.20529

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Jurnal :

Rabiah, Siti.2019.Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen. Palu: Jurnal Sinar Manajemen

Supiana.2022. Inovasi Manajemen Pembelajaran Melalui Hybrid Learning System di Kampus STAI KH. Badruzzaman.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Bandung : JEKPEND

Suryadi.2022. Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman. Lampung: Jurnal An-Nur

Downloads

Published

2024-03-31 — Updated on 2024-05-13

Versions