IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KEC. PADANG TUALANG KAB. LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v9i2.330Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Supervisi Akademik yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Padang Tualang Kab. Langkat. Metode yang digunakan dalam penyusunan Skripsi ini adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Alat pengumpul data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun narasumber penelitian ialah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Kec. Padang tualang Kab. Langkat. Hasil penelitian menyatakan proses supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah melalui beberapa tahapan (1) Perencanaan supervisi akademik  (2) Teknik supervisi akdemik  (3) Evaluasi supervisi akdemik dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah telah memiliki tanggungjawab yang besar dalam menbantu segala permasalahan dan kebutuhan guru untuk mensukseskan pembelajaran yang bermutu di sekolah agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien. Berdasarkan penjelasan di atas disimpulkan Implementasi supervisi akademik kepala sekolah haruslah memiliki program kerja, melakukan pengawasan, mengukur dan menilai dari hasil kinerja yang telah dilakukan, maka dapat meningkatkan kualitas kerja para guru menjadi lebih baik.References
Alamsyah, Yosep Aspat. 2016. Expert Teacher (Membedah syarat-syarat untuk menjadi Guru Ahli atau Expert Teacher). Vol.3 No.1 diakses 20 April 2020. http:--ejournal.radenintan.ac.id-index.php-terampil-article-view-1328
Dede, Mudzakir. 2016. ‘‘Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 10 No 2 diakses 20 April 2020
http:--jurnaluinbanten.ac.id-index.php-studiadidkatika-article-view-18
Harahap, Winata Angga dan D., 2019. Hamidah, 2016, Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Serunai. Vol. 8 (1).
Mintadji, 2015. “Implemetasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMP Negeri di Tarakan. Jurnal Kebijakan dan pengembangan Pendidikan, Vol. 3 (1). Hlm, 82-87
Mardhiah, Ainon, dkk, “Peningkatkan Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuenâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unsyiah, Vol. 2 (2). Hlm. 1-11
Prasojo dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gaya Media
Pidarta Made. 2009. Supervisi kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta
Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wahyudi, M. Dian. 2014. Hubungan Persepsi Guru Tentang Perilaku Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Komunikasi Dengan Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, Diakses 20 April 2020.
http://digilib.unimed.ac.id/4239/9/9.%208116131014%20Bab%20I.pdf