PERAN PEMBELAJARAN DAN PROBLEMATIKA YANG ADA DI DALAM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 1 SELESAI KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT

Authors

  • Elvandini Angela STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Hamidah Dharma STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Nurul Hasanah STKIP BUDIDAYA

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v10i1.374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran pembelajaran dan problematika yang ada di dalam sistem Full Day School di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek dan objek adalah beberapa narasumber yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pembelajaran dan problematika yang ada di dalam sistem  Full Day School di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Metode penelitian ini  adalah penelitian kualitatif, dalam memperoleh data yang akurat tentang bagaimana peran pembelajaran dan problematika apa saja yang ada dalam sistem Full Day School di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat selama program ini dijalankan atau diterapkan. Problematika atau masalah dalam penelitian ini ialah adanya kejenuhan siswa dalam mengikuti proses belajar dalam sistem pembelajaran Full Day School, segi biaya, dan ekonomi setiap siswa berbeda.  Hasil Penelitian ini adalah pelaksanaan peran pembelajaran dan problematika yang ada dalam sistem  Full Day School di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Ditanggapi oleh para narasumber ataupun guru dan para siswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran sistem Full Day School ini ialah sekolah harus memberikan sosialisasi kepada siswa ataupun orang tua, menyediakan istirahat yang cukup, serta mampu memperlakukan pembelajaran yang menyenangkan merupakan suatu perwujudan untuk memecahkan masalah dan menjadi solusi dalam peran pembelajaran dan problematika yang ada dalam sistem Full Day School di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat.

References

Asmani, Jamal Ma'mur, 2017. Full Day School:Konsep, Manajemen, & Quality Control, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi perkembangan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

D., Hamidah, 2018, Manajemen Peseta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 6, (2): hal.1-10

Harahap, Angga Winata, dan D., Hamidah, 2019. Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 8, (1): hal.1-9

Purwanto, Ngalim, 2017 Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Setiawan, Monji, 2018. Peran Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School Dalam Mengontrol Perilaku Menyimpang Siswa (Studi Kasus SMA PKP Jakarta. Skripsi. FISIP UIN Syarif Hidayatullah

Sugiono, 2016, Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, Muhammad ‘Afwan, 2017. “Peran Pembelajaran Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi. FAI, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan : Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rizky, Azizah Afni, 2015. Problematika Pembelajaran System Full Day School Siswa Kelas 1 SDIT Al-Irsyad Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Downloads

Published

2021-04-13