UPAYA MENINGKATKAN KINERJA TATA USAHA TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG

Authors

  • Jeny Tamara STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Hamidah Dharma
  • Julkifli Julkifli

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v11i1.575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan  kinerja tata usaha terhadap kualitas layanan di SMA Negeri 1 Padang Tualang. Kinerja tata usaha adalah salah satu kegiatan administrasi pendidikan yang berperan penting dalam sekolah. Kualitas layanan adalah peran keunggulan yang diperlukan pada setiap orang, semakin baik pelayanan yang kita berikan maka semakin baik juga kinerja kita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa upaya meningkatkan kinerja tata usaha terhadap kualita layanan di SMA Negeri 1 Padang Tualang dengan cara :1) kepala sekolah memberikan motivasi dan dukungan kepada setiap karyawan,dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada staf tata usaha, 2) saling membantu pekerjaan sesama teman, dan saling menghormati dan menghargai dan menciptakan suasana kerja yang harmonis dan nyaman, 3) tidak menunda-nunda pekerjaan yang memang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing. Tata Usaha SMA Negeri 1 Padang Tualang sudah memberikan pelayanan yang baik kepada kepada tenaga pendidik, siswa, maupun masyarakat luar.

References

Agustina, Ayu, 2017. Kinerja Pegawai Tata Usaha Dalam Layanan Pendidikan di MTsN Cot Gue Aceh Besar.

Daryanto dan Setyabudi, Ismanto, 2019. Konsumen dan Pelayanan Prima.Yogyakarta : Gava Media.

D. Hamidah. 2020. Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kec. Padang Tualang Kab. Langkat. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 9, No. 2.

Gie, The Liang, 2018. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta : Liberty yogyakarta.

Kurniawan, Budi, 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Tata Usaha Terhadap Kepuasan Kualitas Mahasiswa Manajemen Bisnis. Politeknik Negeri Batam.

Linda, 2017. Kinerja Pegawai Tata Usaha di SMP N 4 Lappariaja Kabupaten Bone.

Mounir, 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Menteri Pendidikan Nasioanal No.24 Tahun 2008 Tentang Standar Administrasi Sekolah/Madrasah.

Prihatin, eka, 2014. Teori Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suhar, Saputra. Uhar, 2018. Supervisi Pendidikan Sistem Berbasis Kinerja. Bandung : Rafika Aditama.

Wahyudi, Dian dan Ana, 2018. Administrasi Hubungan Masyarakat (Pengelolaan Hubungan Masyarakat dan Korelasinya dengan Mutu Pelayanan Pendidikan Madrasah Aliyah Swasta di Kota Binjai). Binjai : Budidaya Binjai.

Downloads

Published

2022-05-30