ELECTRONIC LEARNING [EL] MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA SMK TARUNA MARITIM DIRGANTARA MEDAN

Authors

  • Rabukit Damanik STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v11i2.716

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran bahwa dengan  menggunakan Electronic Learning [EL], dapat memberikan  perubahan perilaku belajar untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan capaian pembelajaran. Adapaun penggunaan  Electronic Learning [EL] dalam proses kegiatan belajar dan mengajar  pada  SMK Taruna Maritim Dirgantara Medan dirancang untuk mendapatkan kebijakan: [1] manfaat Electronic Learning [EL] dalam proses pembelajaran dan  [2] meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan Electronic Learning [EL]. Penelitian ini diformasi sebagai penelitian kualitif dengan menggunakan pendekatan fenomenologic interactive yang terkorelasi dengan saubjeck penelitian. Adapau sebagai subjek penelitian terdiri dari staf yang bertanggungjawab di divisi admin. Untuk mendapatkan data yang akurat maka instrumen penelitian dibentuk dalam beberapa material sebagai pedoman; [1] wawancara, [2] observasi dan [3] dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: [1] terdapat korelasi yang positive antara Visi-Misi-Tujuan dan Sasaran SMK Taruna Maritim Dirgantara Medan dengan pemanfaatan Electronic Learning [EL] dan  [2] terdapatnya efektifitas pembelajaran dengan menggunakan Electronic Learning. 

References

Arcaro, Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip Prinsip Perumusan dan Tata Laksana Penerapan. Penerjemah Yosal Iriantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Arnie Fajar. 2005. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Edisi Revisi. Bandung: PT. Rosda Karya.

Eti Rochaety, Pontjorini, Rahayuningsih, & Prima Gusti Yanti. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jogiyanto 2005, teknik Analisa dan Desain Sistem Informasi dalam Pendekatan Terstruktur

Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Kebijakan Final Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2009

Lexy J Moleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Iqbal Hasan. 2002. Pokok-Pokok Metodologi Penelitian.dan Aplikasinya.

Mc.Millan, James. H & Schumacher, Sally. 2010. Research in Education: Evidence Based Inquiry. Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. Upper Saddle River.

Nana Syaodih Sukmadinata, Ayi Novi Jamiat & Ahman. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: PT.

Rajagravindo Persada

Sallis, Edward. 2008. Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Alih bahasa Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCSoD.

Soekartawi. 2007. Merancang dan Menyelenggarakan Electronic Learning [EL]. Yogyakarta: Ardana Media.

Sudarwan Danim .2007. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.

Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Undang-Undang SISDIKNAS. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

W. Gulo .2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Wahyudi Kumorotomo dan Subando Agus Margono. 2004. Sistem Informasi manajaemen Dalam Organisasi-Organisasi Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-01-13