MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Wasyem Wasyem Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Liza Handayani Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Annisa Azzahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dila Rizki Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mutia Asmi Fadillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v12i1.735

Abstract

ABSTRAKKegiatan administrasi yang lebih sering disebut dengan ketatausahaan pada sebuah organisasi memiliki manfaat atau hasil yang sangat penting, sehingga memiliki fungsi yang tidak boleh diremehkan. Administrasi pendidikan dimulai dari perencanaan, pengaturan, aplikasi, mengendalikan, dan pengembangan lembaga yang dipimpinnya. Lembaga pendidikan harus memperhatikan kualitas pendidikannya sehingga dapat meningkatkan administrasi pendidikan yang efektif dan efesien dalam aktivitas pembelajaran. Sehingga tata kelola bidang administrasi pendidikan dapat dilaksanakan secara profesional oleh tenaga administrasi pendidikan maupun tenaga kependidikan yang akan menjadi tugas dan tanggung jawab bersama dengan sinergi yang tinggi dari semua pihak yang ada. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik kualitatif dan kepustakaan, agar tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan administrasi yang efektif dan efisien dapat diterapkan dalam berbagai kegiatan di sekolah khususnya dalam pembelajaran.Kata Kunci: Administrasi Pendidikan, Efektivitas Kegiatan ABSTRACTAdministrative activities which are more commonly referred to as administration in an organization have very important benefits or results, so they have a function that should not be underestimated. Educational administration starts from planning, managing, applying, controlling, and developing the institution it leads. Educational institutions must pay attention to the quality of their education so that they can improve effective and efficient educational administration in learning activities. So that governance in the field of education administration can be carried out professionally by education administration staff and education staff who will be a shared duty and responsibility with high synergy from all existing parties. In this study the authors used qualitative techniques and literature, so that the purpose of this research is to develop effective and efficient administration that can be applied in various activities in schools, especially in learning.Keywords: Educational Administration, Activity Effectiveness

References

Fadhila, A. (2020). Administrasi Pendidikan. Judul Artikel.

Hadijaya, Y. (2012). Administrasi Pendidikan. Perdana Publishing.

Hasbi, I., Fuadi, A., Nadeak, B., Arifudin, O., Sri Lestari, A., Tri Utomo, W., Made Rianita, N., Fatmasari, R., & Pasaribu, E. (2021). Administrasi Pendidikan Tinjauan Konsep dan Praktik

Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. KABILAH : Journal of Social Community, 3(2), 210–222.

Kurniawan, M. N. dan S. (2021). Pengadministrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan. Adiba: Jurnal Of Education, 1(1), 70.

Mahmudi, H. (2015). Administrasi Pendidikan. Aksara Timur.

Marmoah, S. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek. Deepublish.

Qurtubi, A. (2019). Administrasi Pendidikan Tinjauan Teori dan Implementasi. Jakad Media.

Sanjani, M. A. (2022). Fungsi Komunikasi pada Organisasi Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 11(1), 01–07.

Suryana, E. (2019). Administrasi Pendidikan dalam Pembelajaran (Abdurrahman (ed.)). Deepublish.

Suwitri, E. (2020). Administrasi Pendidikan (T. Q. Media (ed.)). Qiara Media.

Downloads

Published

2023-03-31