GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP RESILIENSI GURU DI MTSS NURUL ILMI DESA PANTAI GEMI KECAMATAN STABAT

Authors

  • Sekar Dewi Ranti STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Hamidah D
  • Nurul Hasanah
  • Nurul Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v12i1.794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap resiliensi guru di Mtss Nurul Ilmi . Penelitian ini dilakukan di Mtss Nurul Ilmi Desa Pantai Gemi Kecamatan Stabat. Sampel dengan menggunakan teknik total sampling sehingga sampel penelitian adalah seluruh  guru Mtss Nurul  Ilmi sebanyak  28 orang.  Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Angket yang digunakan adalah angket  resiliensi guru dan gaya kepemimpinan  demokratis dengan skala linkert.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi sederhana diperoleh P <  0,05 artinya ada pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratis terhadap resiliensi guru di Mtss Nurul Ilmi Desa Pantai Gemi Kecamatan Stabat . Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tipe kepemimpinan yang lain.

References

Antika, N., & Hasanah, N. (2019). Pengaruh Antara Persepsi Pola Asuh Demokatris Orang Tua Terhadap Religiusitas Siswa Kelas XI TKJ SMK Swasta Sri Wampu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 101-106.

Darma, H., & Julkifli, J. (2021). Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 38-45.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Desmita.2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, F. I., & Melisa, V. D. 2004. Hubungan Antara Resiliensi Dengan Depresi Pada Perempuan Pasca Pengangkatan Payudara. Jurnal Psikologi.

Diah A.K, R., & Pradna. P, P. 2012. Resiliensi Guru Di Sekolah Terpencil. Jurnal Psikologi Pidikan Dan Perkembangan, 1(2), 1–6.

Feist, Jess & Gregory Feist. 2008. Teori-Teori Kepribadian(Edisi Alih Bahasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Gunawan, R. N. D. Dan L.2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 1.

Hamidah, D. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Komitmen Organisasi Guru SMA Negeri Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai (Doctoral Dissertation, UNIMED)

Hardono, Haryono, A. Y. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes.

Hasanah, N., & Sembiring, M. (2021). Peningkatan Kontrol Diri Terhadap Media Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Sma Tamansiswa Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 10(2), 57-63.

Papalia, D. E., Old, S, S. W., & Feldman, R.D. 2009. Human Development Perkembangan manusia .Jakarta: Salembah humanika.

Patterson,J.L.,&Kelleher P.2005.Resilient Schoolleaders: Stategies For Turning Adversity Into Achievement.Alexandria : Association For Supervission And Curriculum Develompent (ASCD). Diakses 28 Mei 2022. Https://Eric.Ed.Gov/?Id=ED509031.

Reivich, K. &. 2002. The Resilience Factor. New York: Broadway Books.

Ruswahyuningsih, M., & Afiatin, T. 2015. Resiliensi Pada Remaja Jawa. Gadjah Mada

Sugiyono, 2017. Metodepenelitiankuantitatif, Kualitatif, R &D.Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-03-31