PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI INSTITUTE KESEHATAN HELVETIA MEDAN
Keywords:
Perception, Pharmacy Students, English Language Learning, Educational Institution.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi mahasiswa Fakultas Farmasi Institut Helvetia Medan terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Penguasaan Bahasa Inggris dianggap krusial bagi mahasiswa farmasi untuk bersaing di era global. Meskipun demikian, observasi awal menunjukkan adanya kendala berupa rendahnya motivasi dan kemampuan berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dan sampel penelitian adalah 125 mahasiswa Fakultas Farmasi yang telah mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi mahasiswa berada pada kategori tinggi, dengan mean empirik 32,55 yang lebih besar dari mean hipotetik 25. Temuan ini didukung oleh analisis frekuensi yang menunjukkan bahwa mayoritas responden (88 orang) berada dalam kategori Tinggi. Namun, penelitian juga menemukan adanya polarisasi yang signifikan, di mana 77 responden memiliki persepsi Rendah. Polarisasi ini mengindikasikan bahwa pandangan siswa tidak sepenuhnya homogen. Persepsi ini dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan self-efficacy, serta faktor eksternal seperti metode pengajaran dan relevansi materi. Secara keseluruhan, meskipun persepsi cenderung positif, masih ada kelompok besar mahasiswa yang memerlukan perhatian khusus untuk meningkatkan pandangan mereka terhadap pembelajaran Bahasa Inggris.References
REFERENCES
Bahri, S., & Trisnawati, I. K. (2018). Persepsi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry tentang plagiarisme tugas kuliah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 205–224.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W. H. Freeman and Company.
Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching (5th ed.). Pearson Education.
Gardner, R. C., & Lambert, W. E. (1972). Attitudes and motivation in second-language learning. Newbury House Publishers.
Haryanti, S. (2018). Analisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-10.
Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156.
Rahayu, A. S., & Agustina, D. (2019). The Role of Teacher in Developing Students' Positive Perception toward English Language Learning. Indonesian Journal of English Language Teaching, 1(1), 30-41.
Sari, Y. N., & Susanto, R. (2019). Peran Bahasa Inggris bagi mahasiswa farmasi dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Farmasi Indonesia, 12(2), 123-130.
Setiawan, H., & Wibowo, R. A. (2020). Afektif Factors on English Language Learning. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(2), 56-65.
Sperber, D., & Wilson, D. (1995). Relevance: Communication and cognition (2nd ed.). Blackwell Publishers.
Suryadi, D., & Widayanti, R. (2017). Students’ Motivation in Learning English as a Foreign Language. Journal of English Teaching and Research, 2(1), 22-30.
Tanamal, N. (2018). The Correlation between Students’ Perception and Their Motivation in Learning English. Journal of English Language Teaching, 7(1), 1-10.
van Lier, L. (2004). The ecology and semiotics of language learning: A sociocultural perspective. Kluwer Academic Publishers.
van Lier, L. (2004). The ecology and semiotics of language learning: A sociocultural perspective. Kluwer Academic Publishers.
Widyantoro, D. (2019). Perceptions of Students towards the Implementation of Communicative Language Teaching. Journal of English Teaching, 5(2), 121-130.
Yusroh, M. (2016). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 129–135.
Zimmerman, B. J. (2013). From cognitive modeling to self-regulation: A social cognitive career path. Educational Psychologist, 48(2), 99-106.







