PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII MTs BINAUL IMAN KARANG SARI

Authors

  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay test dan teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai pada kemampuan menulis puisi saat dilaksanakannya pre-test dan post-tes. Nilai rata-rata yang diperoleh saat dilaksanakan  pre-test  kemampuan siswa dalam menulis puisi adalah 65,48 dan nilai rata-rata yang diperoleh saat dilaksanakan  post-test  kemampuan siswa dalam menulis puisi adalah 87,91. Diketahui dk =n-2 =60-2=58. Untuk penelitian taraf  nyata yang dipakai adalah α = 0,5. Nilai determinasi adalah 36% dari perhitungan analisis korelasi diperoleh nilai koofisien korelasi (r) = 0,60 yang digolongkan pada tingkat korelasi sedang. Hasil korelasi tersebut dilanjutkan dengan uji “t†dan diperoleh hasil t hitung  sebesar 5,70 sedangkan hasil t tabel sebesar 2,021, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe example non example terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Binaul Iman Karang Sari.

Author Biography

Netti Marini, Universitas Simalungun

Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Pr0sedur Penelitian, suatu pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2014 Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Aswaja Pressindo.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta : Raja Grafindo Pesada.

Semi, M. Atar. 2010. Menulis Efektif. Padang : Angkasa Raya.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siwanto, Wahyudi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Jakarta : PT Grasindo

Sukardi. 2013. Metodologi Penelian Pendidikan.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Tarigan, Hendry Guntur. 2017. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa.

Waluyo, Herman. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-11-06