IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPS 3 MAN 2 JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbi.v20i1.811Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS MAN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara  observasi dan dokumentasi. Dari diskusi tersebut didapatkan 1) Rencana pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember sudah masuk dalam kurikulum, dan RPP dilaksanakan berdasarkan rencana dan pemahaman dari guru bahasa Indonesia. Hasil dari pembentukan karakter diterapkan dalam kurikulum dan RPP. Nilai dari karakter tersebut adalah: Religius, disiplin, jujur, pekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan berdasarkan pelaksanaan pembelajaran secara terus menerus dan nilai-nilai karakter yang ditemukan yaitu: tindakan pertama (nilai-nilai agama, disiplin, toleransi, rasa ingin tahu, pengetahuan, tanggung jawab, persahabatan/komunikasi dan cinta damai). Fungsi dasar: (gemar membaca, ingin tahu, komunikatif, mandiri, pekerja keras, kreatif, jujur, toleran, disiplin, bertanggung jawab dan cinta damai. Keputusan: religius, mandiri, bertanggung jawab dan ingin tahu); 3) Evaluasi pembentukan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember bahwa guru menerapkan nilai-nilai pembentukan karakter melalui evaluasi observasi dalam proses pembelajaran.ÂReferences
Meilani, E. (2020). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017. Jurnal Pendidikan karakter, 259-260.
Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Jurnal Pendidikan.
Nasiona, D. P. (2014). Kamus Besar Bahsa Indonesia Pusat Bahsa:eEdisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nasional, K. P. (2010). Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universias Garut, 29.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian, 311 - 320.
Yanuar, R. F. (2021). NIlai - nilai Pendidikan Karakter dalam Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III DS Harapan Jakarta. Journal of Primary Education, 188 -191.
Zuchdi, D., Prasetya, K. Z., & Masruri, S. M. (2012). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.