EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI WHATSAPP GROUP DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP IT MUTIA RAHMA

Authors

  • Ella Arina Husna STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiana Mardiana STKIP Budidaya Binjai
  • Ice Wirevenska STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui whatsapp group ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Mutia Rahma. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A  SMP IT Mutia Rahma sebanyak 30 siswa dan objek penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran melalui Whatsapp Group ditinjau dari hasil belajar Matematika. Instrumen tes yang diberikan dalam penelitian ini yaitu berupa tes soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kesesuaian aktivitas guru dan aktivitas siswa dilihat dari kriteria aktivitas guru dan aktivitas siswa minimal baik. Dilihat dari tes hasil belajar ke II bahwa ada 26 siswa yang nilai nya sudah memenuhi KKM 75 yaitu 86%. Oleh karena itu, pembelajaran matematika melalui whatsapp group ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP IT Mutia Rahma adalah efektif.

References

Anwar, N & Riadi, I. 2017. Analisis Investigasi Forensik WhatsApp Messenger Smartphone Terhadap WhatsApp Berbasis Web. Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI). Vol. 3, No. 1, Juni 2017. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan.

Arsyad, A., (1997), Media Pengajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12.

Sitepu, D.R. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas XI SMA SWASTA ESA PRAKARSA T.A 2018/2019

Rahmawati, I. 2016. Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. Repository.ut.ac.id. hal. 593–607. Universitas Terbuka.

Ricu Sidiq. 2019. Pemanfaatan Whatsapp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi. Jurnal Putri Hijau Vol. 4 No.2, hal.145–154. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan

Suryadi. 2018. Penggunaan Media Sosial WhatsApp Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. Skrispi Tidak Diterbitkan. Jurusan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah

Widada, W. 2015. Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Volume 22 No.1. hal 31-44. FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Wirevenska, Ice. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Serunai Matematika Vol 12, No. 1.

Yensy, N.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Scientific Melalui Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Nonparametrik di Prodi Pendidikan Matematika UNIB. Jurnal Pendidikan Bumi Raflesia.Tahun Ke-4. No.2. LPMP Bengkulu.

Downloads

Published

2021-04-08