Pembentukan Civic Disposition Warga Muda Melalui Kelompok Kepemudaan (Naposo Nauli Bulung LAERIAS)

Authors

  • Usman Alhudawi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v13i2.1570

Keywords:

Civic Disposition, Pemuda, Naposo Nauli Bulung Laerias

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya dan gerakan Pembentukan Civic Disposition Warga Muda Melalui Kelompok Kepemudaan (Naposo Nauli Bulung Laerias) di Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi. Dimana Kelompok Naposo Nauli Bulung, yang dapat diintegrasikan dalam pembentukan yang memiliki komponen karakter kewarganegaran warga muda. Karakter tersebut meliputi: 1) kemandirian sebagai anggota masyarakat, 2) tanggung jawab, 3) penghormatan terhadap martabat kemanusiaan (toleransi), 4) partisipasi dalam urusan masyarakat, dan 5) penguatan fungsi demokrasi konstitusional yang sehat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian mencakup pemerintah desa, pengurus Kelompok Naposo Nauli Bulung, dan orang tua anggota kelompok. Data diperoleh dari sumber primer melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta sumber sekunder dari buku, jurnal, artikel, dan situs web yang relevan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Penelitian ini dilakukan di Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Naposo Nauli Bulung Laerias memiliki potensi besar dalam membentuk karakter pemuda dan mengembangkan potensi mereka. Namun, upaya pemberdayaan kelompok ini menghadapi beberapa kendala, sehingga diperlukan dukungan dari berbagai elemen masyarakat untuk mengoptimalkan perannya dalam pembentukan karakter kewarganegaraan pemuda.

References

Ambarita, Biner. (2013). Profesionalisme, esensi kepemimpinan, dan manajemen organisasi. Generasi Kampus, 6(2), 1–16.

Fusnika, F. (2016). Pembinaan civic disposition berbasis nilai-nilai kemanusiaan pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah tinggi ilmu Kesehatan kota sukabumi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 50–57. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2063

Iman, H. N. (2018). Strengthening of Gotong Royong Value in Society Through a Leadership. Journal of National Awareness Civil Society, 4(2), 77–90.

Lukitoaji, B. D. (2017). Pembinan Civic Disposition Melalui Model Pembelajaran Project Citizen Dalam Mata Kuliah PKn 2 Untuk Menumbuhkan Nilai Moral Mahasiswa. 2(2), 102–116.

Lonto, Apeles L (2019). Students' Civic Disposition through Learning Civics and Pedagogical Competences of High School Teachers. Universal Journal of Educational Research 7(12A): 35-41, 2019. DOI: 10.13189/ujer.2019.071905

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. PRENADAMEDIA GROUP.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218–225. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007

Nuraisah, & Wahyuni, L. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekowisata Hutan Mangrove Di Kampung Rawa Mekar Jaya. Share: Social Work Jurnal, 10(1), 73–82. https://doi.org/10.24198/share.v10i1.26896

Siyoto, S., & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian, 1– 109.

Soetomo. (2015). Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Perajar.

Sanusi, A. R., & Darmawan, C. (2016). Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membetuk

Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya Pada Generasi Muda Demi Mewujudkan Budaya

Politik Pancasila (Studi Deskriptif terhadap Organisasi Kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 24. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3668

Sunatra. (2021). Pendidikan Politik Kewarganegaraan. LEKKAS.

Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan

Wadu, L. B., Narjo, W. A., Ladamay, I., & Masak, R. (2019). Gotong Royong Penggalangan Dana dalam Budaya Manggarai. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 83–89.

Downloads

Published

2025-01-28 — Updated on 2025-01-28

Versions