PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENERAPAN ETIKA DAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM LINGKUNGAN FORMAL DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Retno Anggraini STKIP Budidaya Binjai
  • Surya Wibawa STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v8i2.195

Abstract

Peran Guru PKn dalam penerapan etika dan moral bukan hanya mengajar tetapi juga mendidik peserta didik agar menjadi manusia yang lebih baik, baik dalam beretika dan bermoral, sehingga dapat mendisiplinkan peserta didik agar peserta didik menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma-norma hidup dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Etika adalah cabang ilmu yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan yang baik buruk. Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik dan buruk perbuatan dan kelakuan (akhlak). Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi data tenaga pengajar di SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian ini dilakukan disekolah tersebut melalui wawancara dengan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Stabat dan 2 (dua) guru mata pelajaran PKn serta wawancara dengan 4 (empat) orang siswa. Dari semua observasi dan wawancara yang dilakukan maka dapat dihasilkan bahwa peranan guru PKn dalam penerapan etika dan moral di SMK Negeri 1 Stabat mempunyai peran yang cukup penting

Author Biography

Retno Anggraini, STKIP Budidaya Binjai

Pendidikan Kewarganegaraan

References

Bertens, K, 2002, Etika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Cet. VII.

Bungin Burhan, 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Juhaya S. Praja, 2008, Aliran-Aliran Filsafat dan Etika, Jakarta: Prenada Media.

Marzuki. 2009, Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-konsep Dasar Etika, Yogyakarta: Debut Wahana Press.

Miles dan Huberman, 2007, Analisis Data Kualitatif, Jakarta : Universitas Indonesia.

Parjono. 2005, Pendidikan Nilai-nilai Moral, Yogyakarta: MKV, UNY.

Surajiyo, 2005, Ilmu Filsafat Suatu Pengantari, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina, 2007, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana. Cet. II.

Tilaar. H. A. R, 2009, Kekuasaan dan Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Taniredja, Tukiran, 2013, Konsep Dasar Pendidikan, Yogyakarta: Ombak.

Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah, Yogyakarta: Ombak.

Downloads

Published

2019-10-27