PERAN GURU PKN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SABILAL AKHYAR KWALA BEGUMIT

Authors

  • Nella Etika Lubis STKIP Budidaya Binjai
  • Muslim Sembiring

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v9i2.315

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran guru PKn dalam membentuk karakter siswa kelas XI Madrasah Aliyah Sabilal Akhyar dengan menggunakan model Role Playing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-A dengan jumlah siswa 32 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes (pretets dan posttest). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh thitung sebesar 4,5 sedangkan ttabel sebesar 2,05. Nilai ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel  (4,5 > 2,05) sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh peran guru PKn membentuk karakter siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Sabilal Akhyar dengan menggunakan model pembelajaran role playing.

Author Biography

Nella Etika Lubis, STKIP Budidaya Binjai

Pendidikan Kewarganegaraan

References

Anggraini, Retno dan Wibawa, Surya. 2019. “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, Oemar, 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah, Uno B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyadi. 2011. Paedogogik Khusus Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar/MI. Surakarta: Badan Penerbit FKIP-UMS.

Salim dan Syahrum, 2012. Metodologi Penelitian, Bandung: Citapustaka Media.

Sudijiono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-01-15