PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL TROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 5 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Suryati Suryati Suryati STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.60

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Trowing dalam meningkatkan hasil belajar geografi pada materi sebaran flora dan fauna di Indonesia  kelas XI IPS-2 SMA Negeri 5 Binjai Semeter I Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian dengan menggunakan proses pengkajian melalui system berdaur (siklus) dari berbagai kegiatan pembelajaran. Siklus yang dimaksud melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk penelitian ini direncanakan sampai 2 siklus. Berdasarkan hasil diskusi dengan pengawas maka pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan siswa yang dapat menguasai pelajaran Geografi pada materi persebaran flora fauna di indonesia dimana hasil yang diperoleh adalah 87,5% tuntas dalam pembelajaran lebih dari 75% yaitu 87,5% pada siklus II. Disamping itu juga terdapat kemajuan dalam hal prestasi belajar dimana nilai siswa dari pra siklus ke siklus I, dan dari siklus ke Siklus II. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe snowball trowing, hasil belajar geografi, sebaran flora dan fauna

References

Arikunto, S., (2008), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Djamarah, S , B,. (2006), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Hamalik, O,. (2001), Strategi Belajar Mengajar CBSA, Sinar Baru, Ban,dung.

Hutagaol, P,. (1992), Pengaruh Pemberian Tujuan Belajar Dan Ringkasan terhadap Perolehan Belajar Dan Retensi Pada Pengajaran Modul, Tesis, PPS IKIP Malang, Malang.

Ibrahim, M,. Rahmadiarti, F,. Nur, M,. dan Ismono, (2000), Pembelajaran Kooperatif, Universitas Negri Surabaya University Press, Surabaya.

Ikhsan, Fuad, (2005), Dasar-dasar kependidikan, penerbit rineka cipta, Jakarta

Siallagan,A., ( 2010 ) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Trowing

dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,http// portalgandaorg/article

php?article , diekses tanggal 3 Desember 2014

.

Yulianti, (2015), Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe snowball throwing

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem PertidaksamaanLinear di kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh.

Fatimah, Adawiah.R, Dan Ilham.N., (2013) Meningkatkan Aktivitas Dan

Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada

Materi Sistem Politik Di Indonesia Kelas X C Sma Negeri 3Banjarmasin

Downloads

Published

2018-11-26