PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DESA TANJUNG MULIA KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT

Authors

  • Adinda Putri Nadeak STKIP Budidaya
  • Muhazir Muhazir
  • Surya Wibawa

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.638

Abstract

Kinerja BPD selaku lembaga perwakilan Masyarakat Desa di tuntut lebih efektif dalam hal penerapan tugas dan fungsinya terutama dalam penampungan aspirasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan fungsi BPD sebagai media sistem demokrasi, dan Untuk mengetahui Persepsi masyarakat terhadap kinerja BPD dalam pelaksanaan sistem demokrasi di Desa Tanjung Mulia. Subjek dari penelitian ini adalah kepala BPD sedangkan Objek dari penelitian ini adalah Kinerja dan tugas BPD Desa Tanjung Mulia. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Teknik penggupulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tanjung Mulia dan kinerjanya belum  sepenuhnya terlaksana dengan baik karena terdapat adanya hambatan  dalam  pelaksanaannya seperti: minimnya sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan fungsi. Untuk pelaksanaan  fungsi  menampung  dan  menyalurkan  aspirasi  masyarakat belum   terlaksana   dengan   baik   disebabkan   karena   masyarakat   belum sepenuhnya  memahami  fungsi-fungsi  yang  diemban  oleh  BPD Tanjung Mulia.

Author Biography

Adinda Putri Nadeak, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Burhan, Bungin. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Koentjaraningrat. 2003. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Aksara Baru.

Mar’at. 1999. Sikap manusia perubahan dan pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Permendagri No.110/2016.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014

Utomo, Fajar Wahyudi dan Sugiharti, Risma. 2018. Diversitas persepsi masyarakat terhadap pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 15 No. 2.

Widjaya, A.W. 2002. Pemerintah Desa dan Administrasi Negara. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Downloads

Published

2023-01-02