PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DESA TANJUNG MULIA KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.638Abstract
Kinerja BPD selaku lembaga perwakilan Masyarakat Desa di tuntut lebih efektif dalam hal penerapan tugas dan fungsinya terutama dalam penampungan aspirasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan fungsi BPD sebagai media sistem demokrasi, dan Untuk mengetahui Persepsi masyarakat terhadap kinerja BPD dalam pelaksanaan sistem demokrasi di Desa Tanjung Mulia. Subjek dari penelitian ini adalah kepala BPD sedangkan Objek dari penelitian ini adalah Kinerja dan tugas BPD Desa Tanjung Mulia. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Teknik penggupulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tanjung Mulia dan kinerjanya belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena terdapat adanya hambatan dalam pelaksanaannya seperti: minimnya sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan fungsi. Untuk pelaksanaan fungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat belum  terlaksana  dengan  baik  disebabkan  karena  masyarakat  belum sepenuhnya memahami fungsi-fungsi yang diemban oleh BPD Tanjung Mulia.References
Burhan, Bungin. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Koentjaraningrat. 2003. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Aksara Baru.
Mar’at. 1999. Sikap manusia perubahan dan pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Permendagri No.110/2016.
Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014
Utomo, Fajar Wahyudi dan Sugiharti, Risma. 2018. Diversitas persepsi masyarakat terhadap pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 15 No. 2.
Widjaya, A.W. 2002. Pemerintah Desa dan Administrasi Negara. Jakarta: PT.Raja Grafindo.