HUBUNGAN PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK TAMAN SISWA BINJAI

Dalan Ersada Bangun, Karin Karin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui “Hubungan Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Dengan Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Taman Siswa Binjai”. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Dari hasil perhitungan diperolah nilai rata-rata hasil jawaban angket penggunaan media social facebook oleh siswa sebesar 15,6 dikategorikan sering menggunakan facebook. Sedangkan rata-rata hasil jawaban angket penggunaan media social facebook oleh siswa sebesar 39,3 dikatakan bahwa minat belajar siswa berkategori baik. Berdasarkan hasil perhitung uji normalitas dan homogenitas data diketahui kedua data berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji korelasi diketahui harga rhitung dengan rtabel dimana harga rhitung sebesar 0,458 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan n=34 diperoleh sebesar 0,392 maka dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel atau 0,458 > 0,392 sehingga Ho ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan terbukti benar yaitu terdapat hubungan antara penggunaan jejaring sosial facebook dengan  minat belajar siswa kelas X SMK Taman Siswa Binjai.


Full Text:

PDF

References


AM, Sardiman. Interaksai & Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers., 2009.

Amti, Herman dan Matjohan. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: UNY Press. 1993.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Eunike Eri dan Teguh Wahyono, Kupas Tuntas Facebook “Era Baru Pergaulan di Dunia Maya”, Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2009.

Hamalik, Oemar. Belajar dan Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Harsanto, Radno. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2001.

Hengky Alexander Mangkulo, Facebook For Sekolahan, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Hudojo, Herman. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud. 2000.

Isriani Hardiani dan Dewi Puspitasari. Strategy Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. 2012.

Mahfudh, Salahudin. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu. 1990.

Nana, Sudjana. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Sinar Baru. 1999.

____________ Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production. 2001

____________. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru,2004

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Praktikno. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Cahyana Kec. Rembang Purbalingga Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta: UNY. 2012.

Ramayulis. Metodologi Pengantar Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2001.

Rosyada, Dede, dkk, Buku Panduan Dosen Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Surakhman, Winarno. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Bandung: Tarsito. 1998.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, Cetakan ke-7. 2009.

Sugiyono.Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta,2011.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.

UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. BAB II Dasar, Fungsi dan Tujuan.

Wahana, Marketing Gratis dengan Facebook, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.




DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v11i2.762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan 

STKIP Budidaya Binjai

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

e-mail. stkipbudidayabinjai@gmail.com