PENERAPAN NILAI TOLERANSI ANTAR SUKU DAN AGAMA TERHADAP SISWA KELAS XII TKJ SMK TUNAS BANGSA BINJAI (STUDI KASUS)

Authors

  • Surya Wibawa STKIP Budidaya
  • Muhazir Muhazir
  • Arsip Perangin-angin
  • Erna P D Limbong

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v11i2.763

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai toleransi ditanamkan kepada Siswa kelas XII TKJ untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode dalam pembahasan skripsi ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan lokasi penelitan di SMK Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Binjai, kecamatan Kwala Begumit. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas XII TKJ, yang terdiri dari beragam suku serta agama. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai penanaman dan penerapan toleransi antar suku dan agama di SMK Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa, yang mana dalam prosesnya toleransi ditanamkan melalui kegiatan belajar mengajar dalam kelas maupun kegiatan luar kelas sehingga siswa dapat memahami bahwa toleransi, sikap saling menghargai dan menghormati merupakan landasan penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indoneia dan keberagaman yang ada bukan suatu halangan untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis, toleran dan sesuai dengan Pancasila serta semboyan bangsa Indonesia, Bhineka Tunggal Ika untuk kemudian diterapkan atau diimplementasikan oleh siswa-siswi kelas XII TKJ dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Author Biography

Surya Wibawa, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Mahfud, Choirul. 2008. Pendidikan Multikultural. Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Mahfud, Choirul. 2011. Pendidikan Multikultural. Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Milles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bnadung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya

Munawar, Said A. H. 2005. Fikih Hubungan Antar Agama. Jakarta: Ciputat Press

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Rachman, Maman.1999. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian.Semarang:

IKIP Semarang Press

Salim, Agus. 2006. Stratifikasi Etnik Kajian Mikro Sosiologi Interaksi Etnis Jawa dan Cina. Yogyakarta: Tiara Wacana

Tilaar, H.A.R. 2007. Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme: Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo

UNESCO-APNEIVE. (2000). Belajar Untuk

Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni. Kantor Prinsipal Unesco untuk Kawasan Asia Pasifik, Bangkok & Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-01-24