PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS X DI SMA BINTANG LANGKAT

Surya Wibawa, Ardian Abdi, Maisyarah Maisyarah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X di SMA Bintang Langkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang kelas X SMA Bintang Langkat. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata hasil angket penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together adalah 29,7 dengan kategori baik dan nilai rata-rata hasil angket minat belajar PKn adalah 30,6 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,16 > 2,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X di SMA Bintang Langkat.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2015. Metode Penelitian.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayat, Ara dan Imam Machali. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta : Kaukaba.

Mudyahardjo, Redja. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan. Cetakan ke 5. Bandung : Rosdakarya.

Musafaah, Gusti dan Halim. 2016. Efektifitas Penggunaan Metode Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum 2016.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan 4. Jakarta : Rajawali Press.

Shoimin, Aris. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz

Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sembiring Muslim. 2016. Upaya Meningkatkan Patriotisme Dengan Metode Diskusi Materi Bela Negara Pelajaran Pkn Siswa Kelas XI IPA SMA YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 8, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v11i2.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan 

STKIP Budidaya Binjai

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

e-mail. stkipbudidayabinjai@gmail.com