PERAN SEKOLAH MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA SMA SWASTA MULIA SECURAI KECAMATAN BABALAN KABUPATEN LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v12i1.828Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sekolah membangun sikap toleransi beragama siswa SMA Swasta Mulia Securai Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru Agama, ketua Komite, dan ketua OSIS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa peran sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama siswa dilakukan dengan cara membangun kerjasama anatara guru dalam membangun sikap toleransi beragama siswa, memberi sosialisasi tentang toleransi beragama, membentuk peraturan atau tata tertib sekolah terkait sikap toleransi antar umat beragama dilingkungan sekolah, dan meyisipkan nilai-nilai toleransi beragama dalam rencana dan proses pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan pada materi pelajaran.References
Agustian, M. 2018. “Mengembangkan Karakter Menghargai Perbedaan Melalui Pendidikan Multikulturalâ€. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, Vol. 1 (2).
Anggraini, R. dan Wibawa, S. 2019. “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 8 (2).
Darwis, A. 2020. Pendidikan Karakter: Konsep, Strategi, dan Implementasi Komprehensif. Banyumas: Pena Persada.
Depari, R. P. (2021). “Peranan Guru PPKn Sebagai Pendidik Berkarakter Dalam Membentuk Sikap Siswa Yang Baik Pada Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Kabupaten Kamparâ€. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 10 (1).
Feronika, E. S., dan Manurung, I. 2020. “Penerapan Picture And Picture Terhadap Pemahaman Materi Persamaan Kedudukan Warga Negara Indonesia Dan Budaya Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas X AP 3 SMK Swakarya Binjaiâ€. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol. 6 (1).
Haryanto. 2008. Komite Sekolah (Sejarah Dan Prospeknya Di Masa Depan). Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Herman dan Mohamad Rijal. 2018. “Pembinaaan Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja Kota Kendariâ€. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, Vol. 13 (2).
Kirom, A. 2017. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikulturalâ€. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3 (1).
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.





