The ICE BREAKING: ENGLISH PRACTICE DI MTS MUALLIMIN UNIVA MEDAN

English Skills, English Education Study Program

Authors

  • Ayu Indari STKIP Budidaya Binjai
  • Efrini Panjaitan STKIP Budidaya Binjai
  • Conny STKIP Budidaya Binjai
  • Nudia Yultisa STKIP Budidaya Binjai
  • Tri Indah Rezeki STKIP Budidaya Binjai
  • Ummi Umara STKIP Budidaya Binjai
  • Eka Rahmadanta STKIP Budidaya Binjai

Keywords:

Ice Breaking, English Practice, English Skill, Reading, Listening, Writing, Speaking

Abstract

Ice Breaking: English Practice merupakan sebuah proses belajar dengan cara relaksasi melalui metode permainan. Isi didalamnya adalah muatan pembelajaran Bahasa Inggris dengan kriteria keahlian dalam reading, listening, writing, dan speaking. Semua keahlian tersebut dilakukan secara bersamaan dengan membaginya di beberapa fase. Fase pertama pendekatan keahlian yang terfokus pada reading, listening, dan writing. Fase kedua berfokus pada keahlian listening dan speaking. Pada prosesnya siswa diajak untuk melatih keahlian English Skill yang telah diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah karena pembelajaran bahasa sangat berfokus kepada pemakaian dan praktik langsung. Secara teori siswa telah mendapatkan banyak pelajaran dari Guru Bidang Studi. Secara praktik, siswa memiliki keterbatasan dalam melatih. Untuk itu program ini bertujuan untuk melatih siswa memperlancar pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Dengan demikian, adanya program ini secara langsung juga berpengaruh dengan membantu Guri Bidang Studi dalam ketercapaian pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

Author Biography

Ayu Indari, STKIP Budidaya Binjai

English Department

References

Fahria Nasution, N., Anggini, N., Putri Yunisa Khairani, R., Putri, T., & Yunita Siregar, D. (2024). Perspektif Guru terhadap Metode Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MTs Tembung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 370–377.

Hidayati, N. B. (2021). Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Kalimat Bahasa Inggris. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=CN9DEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metode+pembelajaran+bahasa+inggris+&ots=NZiJUeHccp&sig=K5NX7UNCND1FFG3U_N8plRZg8aE&redir_esc=y#v=onepage&q=metode pembelajaran bahasa inggris&f=false

Indriani, L. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i1.116

Mamarimbing, F. R. (n.d.). bahasa-inggris-jadi-pelajaran-wajib-mulai-dari-sekolah-dasar @ guruinovatif.id. Retrieved June 19, 2024, from https://guruinovatif.id/artikel/bahasa-inggris-jadi-pelajaran-wajib-mulai-dari-sekolah-dasar

Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Natasya Azzahra, & Mega Febriani Sya. (2024). Tinjauan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: Pendekatan Tradisional dan Inovatif. Karimah Tauhid, 3, 5671–5684.

Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=emUhEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR10&dq=metode+pembelajaran+bahasa+inggris+&ots=NYQj8bc8RT&sig=7NU9PJh6UZGU4Z1a6-5vrJTBn1c&redir_esc=y#v=onepage&q=metode pembelajaran bahasa inggris&f=false

Sari, A. H. R., Sulistiono, M., & Ertanti, D. W. (2023). Analisa Penerapan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5, 169–180.

Sasmita Hakiim, D., Rosnaningsih, A., & Magdalena, I. (2023). Analisis Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Self Introduction Dengan Menggunakan Song Dan Ice Breaking Kelas 2 Sd Di Sdn Sukaharja 2. Berajah Journal, 3(1), 179–190. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.210

Tauhid, K., Nuriah, S. S., Khoirunnisa, P., Djuanda, U., Guru, P., Dasar, S., & Method, D. (2024). ANALISIS MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ; ANALYSIS OF VARIOUS ENGLISH. 3, 5754–5766.

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan Komik Digital Toondoo Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Menengah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 1. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673

Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., Raka, A. A. G., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya. Jurnal Abdidas, 2(4), 743–751. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.354

Downloads

Published

2025-10-02

Issue

Section

Articles