OPTIMALISASI KECERDASAN BUATAN (AI) DALAM PENULISAN BUKU REFERENSI BAGI DOSEN
Keywords:
kecerdasan buatan, buku referensi, dosen, penulisan akademik, pelatihan AIAbstract
Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk dalam cara dosen menulis dan menyusun buku referensi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) sebagai alat bantu dalam proses penulisan buku referensi bagi dosen. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan interaktif yang melibatkan 25 dosen dari berbagai program studi. Metode pelaksanaan terdiri atas sesi pemaparan materi, praktik langsung penggunaan aplikasi AI (seperti ChatGPT, Grammarly, dan Mendeley), serta pendampingan penyusunan naskah awal buku referensi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun struktur buku, mengembangkan konten akademik, serta melakukan sitasi dan parafrase dengan dukungan AI. Penggunaan teknologi ini terbukti dapat mempercepat proses penulisan dan meningkatkan kualitas karya akademik, selama penggunaannya tetap memperhatikan etika akademik dan orisinalitas. Kegiatan ini berdampak positif dalam membangun budaya literasi digital di kalangan dosen serta mendorong peningkatan luaran publikasi akademik. Oleh karena itu, integrasi AI dalam praktik penulisan akademik dosen perlu terus dikembangkan sebagai bagian dari inovasi pembelajaran dan penguatan tridarma perguruan tinggi.References
Baker, M. J., & Martin, T. (2023). AI-enhanced writing support for faculty and researchers. AI & Society, 38(1), 243–259. https://doi.org/10.1007/s00146-023-01623-6
Chen, Y., Liu, T., Wang, Y., & Sun, H. (2023). AI-assisted academic writing: Opportunities and challenges. Educational Technology Research and Development, 71(1), 89–103. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10128-4
Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Baabdullah, A. M., Ribeiro-Navarrete, S., & Kumar, V. (2023). Artificial intelligence (AI): Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and policy. International Journal of Information Management, 71, 102642. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2022.102642
Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Ismagilova, E., Aarts, G., & Coombs, C. (2023). The use of AI in academia: A double-edged sword. Journal of Business Research, 156, 113521. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113521
Jwa, H., Mathur, P., & McKeown, K. (2022). A computational approach to automatic feedback for academic writing. Transactions of the Association for Computational Linguistics, 10, 303–318. https://doi.org/10.1162/tacl_a_00447
Kasneci, E., Sessler, K., & Bannert, M. (2023). ChatGPT for education: Opportunities, threats, and strategies. Learning and Instruction, 84, 101658. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101658
Kurniawan, T., & Rohman, F. (2024). Implementasi Artificial Intelligence dalam mendukung kinerja dosen di era digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 15(1), 33–42.
Lund, B. D., Wang, T., & Mannino, M. (2023). Impacts of AI writing tools on scholarly communication. Journal of Scholarly Publishing, 54(2), 85–97. https://doi.org/10.3138/jsp-2022-0024
Molina, A. I., & Salinas, J. (2023). AI tools and digital competence in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1), 17. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00385-0
Shujahat, M., Hussain, S., & Nawaz, M. (2023). The role of artificial intelligence in knowledge creation and scholarly productivity. Technological Forecasting and Social Change, 186, 122116. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122116
Susnjak, T. (2023). ChatGPT and cheating in higher education. Computers & Education: Artificial Intelligence, 4, 100123. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100123
Susanti, R., Wardani, D. K., & Nursalam, M. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam peningkatan kualitas publikasi ilmiah dosen. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Pendidikan, 13(2), 115–124.
Yang, J., & Wang, C. (2023). Harnessing generative AI in content development. Education and Information Technologies, 28, 4123–4137. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11688-2
Zhai, X. (2022). ChatGPT: A wake-up call for educators and researchers. Educational Philosophy and Theory, 55(1), 1–4. https://doi.org/10.1080/00131857.2023.2164911