PENGARUH PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA ERLANGGA
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA ERLANGGA
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap menulis teks eksposisi di kelas X SMA Erlangga. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa yang duduk di kelas X SMA Erlangga sebanyak 2 kelas, dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel kelas X IPA sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan X IPS sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks eksposisi dengan bentuk tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran kontekstual oleh siswa kelas X SMA Erlangga mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan uji-t diperoleh nilai thitung 5,77. Karena pada tabel t menunjukkan nilai ttabel sebesar 5%. Membandingkan nilai = 5,77 dan ttabel pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari nilai ttabel (5,77 > 1,68). Artinya hipotesis (Ha) diterima. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Erlangga. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Menulis Teks Eksposisi##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-12-23
Cara Mengutip
fheti wulandari, & Resmi, R. (2023). PENGARUH PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA ERLANGGA: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA ERLANGGA. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Diambil dari https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1012
Terbitan
Bagian
Articles






