KEMAMPUAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODELING THE WAY OLEH SIAWA KELAS X SMA SWASTA ERLANGGA PEMATANGSIANTAR
KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODELING THE WAY OLEH SIAWA KELAS X SMA SWASTA ERLANGGA PEMATANGSIANTAR
Kata Kunci:
KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODELING THE WAY OLEH SIAWA KELAS X SMA SWASTAAbstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetaui penggunaan Modeling the Way dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Sampel penelitiannya yaitu 20 orang siswa kelas X SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Hasil penelitian ini adalah penggunaan Modeling the Way pada pelajaran menulis teks eksposisi di kelas X SMA Swasta Swasta Erlangga Pematangsiantar dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kemampuan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan menggunakan Modeling the Way pada pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar mengalami peningkatan atau keajuan dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga mencapai ketuntasan belajar sebesar 100% dengan kategori baik. Kata Kunci: Menulis, Teks Eksposisi, Modeling the Way.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.
Dalman. 2014. Kererampilan Menulis. Jakarta: Rajaawali
Desmirasari, Resa dan Yunisa Oktavia. (2022). “Pentingnya Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi”. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vol. 2 (1).
Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Lubis, F. W., Turnip, B. R., dan Saragih, R. (2022). “Pengaruh Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Cerpen”. Jurnal Bastara Vol. 7 (1).
Resmi, dkk. (2023). Pengaruh Teknik Teratai Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Journal on Education. Vol 06 (1)
Tarigan, Henry Guntur. (2017). “Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung : Angkasa.






